Disini perlu kita ketahui pengertian PC (Personal Computer) merupakan sebuah istilah yang dipakai dalam sebuah komputer. Dimana komputer sendiri sudah menjadi kebutuhan penting buat kebanyakan orang.

Komputer ini adalah salah satu perkembangan teknologi yang awalnya ada dengan sebutan mikrokomputer.

Sampai sekarang jenis-jenis komputer sudah banyak mulai dari laptop, PC Tablet dan lainnya.

Pengertian PC

Personal Computer adalah perangkat komputer serbaguna dengan mempunyai ukuran, kemampuan maupun harganya tersendiri. Sehingga hanya dipakai oleh individu atau person (satu orang).

PC ini fungsinya adalah untuk mengolah data input serta menghasilkan output berupa data atau informasi sesuai perintah dari pengguna (user).

Kita dapat melihat perangkat PC ini di lingkungan rumah, kantor, toko maupun tempat lainnya. Sebab harga dari PC ini sudah relatif terjangkau dan memiliki banyak macamnya.

Komputer pribadi ini sendiri dimaksudkan buat dioperasikan langsung oleh pengguna akhir, dan tidak untuk para ahli komputer / para teknisi.

Adapun istilah lain dari PC (personal komputer) ini yaitu komputer dengan merujuk pada komputer yang bisa dipakai dan diperoleh oleh kebanyakan orang dengan sangat mudah.

Selain itu, PC ini juga merujuk terhadap microkomputer, dimana sesuai dengan spesifikasi Komputer IBM.

Untuk komputer pribadi ini pertama kali di distribusi dan dikeluarkan oleh perusahaan bernama IBM dan tidak langsung mencetuskan penggunaan sebagai istilah PC (Personal Computer).

Pengertian Komponen Penting PC (Personal Computer)

Berikut ini ada 3 pengertian komponen penting dalam perangkat personal computer (PC) diantaranya :

1. Hardware

Di dalam bahasa Indonesia hardware adalah perangkat keras, yakni merupakan salah satu komponen pada sebuah PC. Disamping itu, hardware juga disebut sebagai segala piranti / komponen penyusun dalam komputer.

Dimana mempunyai sifat yang kita dapat melihat komponen secara langsung melalui kasat mata dan dapat diraba secara langsung. Hardware yang terdapat pada Laptop seperti layar, keyboard, touchpad dan lainnya.

Untuk fungsi dari hardware ini yaitu sebagai pendukung dalam segala proses komputerisasi dan bekerja sesuai perintah yang disebut sebagai Brainware.

Hardware terbagi lagi menjadi 3 jenis diantaranya :

  • Perangkat masukan (Input)

Merupakan perangkat keras (hardware) masukan dengan memberikan perintah secara langsung untuk perangkat output di sebuah komputer sebagai pemberi data maupun informasi terhadap pengguna.

Jenis-jenis perangkat input seperti : Mouse, keyboard, Webcam, Scanner, Joystick, Flash drive, CD (Compact Disk) maupun lainnya.

  • Perangkat keluaran (Output)

Merupakan perangkat keras (hardware) yang dipakai dalam menampilkan hasil pengolahan data oleh komputer yang kemudian diberikan kepada user.

Jenis-jenis perangkat output seperti : monitor, proyektor, network card, VGA adapter, cutting plotter, printer maupun lainnya.

  • Perangkat Pemroses

Merupakan perangkat keras (hardware) yang fungsinya adalah untuk memproses dan mengolah data masukan yang sudah diberikan oleh user.

Jenis-jenis perangkat pemroses (Process Device) seperti : CPU, processor, harddisk, memory, motherboard maupun lainnya.

2. Software

Software merupakan kumpulan data elektronik yang disimpan yang kemudian diatur oleh komputer. Dimana fungsinya adalah sebagai pemroses data dan perintah / instruksi sehingga memperoleh hasil menjalankan sebagai perintah.

Beda halnya dengan hardware, dimana untuk perangkat lunak (software) ini tidak dapat dipegang atau tidak nyata.

Perangkat lunak ini terbagi lagi beberapa jenis yaitu :

  • Sistem operasi

Yakni software yang fungsinya adalah untuk mengorganisasikan seluruh komponen mesin yang terdapat pada komputer. Contohnya : Linux, Windows, Macinthosh dan Unix.

  • Program aplikasi

Yakni suatu software yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu yang kemudian diterapkan pada suatu bidang. Contohnya : microsoft Word, microsoft Excel, microsoft Powerpoint maupun lainnya.

  • Utility

Yakni software yang fungsinya adalah sebagai perangkat pembantu dalam sistem operasi. Contohnya : Google chrome, Mozilla firefox, Anti virus, pemutar video atau musik, Corel draw maupun lainnya.

  • Bahasa pemrograman

Yakni software yang fungsinya adalah sebagai bahasa / instruksi standar dalam memerintahkan komputer. Contohnya : C, C++, Java script, PHP, Pascal, Visual basic, Phyton maupun bahasa-bahasa lainnya.

3. Brainware

Sedangkan kalau untuk brainware ini adalah setiap orang yang memakai dan memanfaatkan antara hardware dan software komputer. Tujuannya adalah untuk mengoperasikan atau memberikan perintah pada sebuah komputer.

Apabila tidak ada brainware / orang yang menggunakannya, maka komputer tidak akan dapat beroperasi.

Untuk brainware sendiri terbagi lagi menjadi beberapa macam yaitu :

  • Operator

Yakni pengguna yang tugasnya adalah menjalankan serta melayani sistem maupun peralatan yang memiliki hubungan dengan perangkat komputer.

Contohnya adalah seperti menyiapkan data buat diakses, merawat sistem komputer dan lainnya.

  • Programmer

Yakni pengguna komputer yang menguasai bahasa pemrograman tertentu. Dimana programmer ini juga dapat disebut sebagai orang yang membuat atau petugas yang mempersiapkan program-program yang diperlukan dalam sistem komputerisasi yang bakal dirancang.

  • Administrator

Yakni pengguna yang tugasnya adalah mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan di sistem komputer / jaringan komputer maupun lainnya.

Sekian dulu ya,  informasi kita kali ini mengenai pengertian PC. Semoga bisa menambah pemahaman Anda dalam mengenal istilah PC.

Terima kasih!

Post Your Thoughts